Khatulistiwa Literary Award untuk Buku Prosa dan Puisi Terbaik

Januari 13, 2008 at 9:38 am Tinggalkan komentar

Sumber: Kompas Cyber, Minggu, 13 Januari 2008

JAKARTA, KOMPAS – Untuk mendukung kemajuan sastra Indonesia, lebih khusus lagi untuk memberikan rangsangan kepada penulis dan penerbit menghasilkan karya-karya bermutu, Khatulistiwa Foundation, 18 Januari mendatang di Atrium Plaza Senayan, Jakarta, akan mengumumkan buku prosa dan puisi terbaik dan berhak atas Khatulistiwa Literary Award.

Richard Oh dari Khatulistiwa Foundation selaku penyelenggara Khatulistiwa Literary Award, Minggu (13/1) di Jakarta, mengatakan, buku yang masuk final untuk prosa (dalam urutan alfabetis) adalah Edensor oleh Andrea Hirata, Janda dari Jirah oleh Cok Sawitri, Linguae oleh Seno Gumira Ajidarma, Perantau oleh Gus tf Sakai, dan Sintren oleh Dianing Widya.

Sedangkan untu puisi, Angsana oleh Soni Farid Maulana, Dongeng untuk Poppy oleh Fadjroel Rahman, Kepada Cium oleh Joko Pinurbo, Menjadi Penyair Lagi oleh Acep Zamzam Noor, Paus Merah Jambu oleh Zen Hae. Penjurian setiap tahun bersifat konfidensial sampai malam pengumuman baru diumumkan. Buku-buku yang dinilai adalah yang diterbitkan Juni tahun 2007 lalu hingga Mei tahun ini, bebas dipilih juri. Juri-juri bersifat independen dan terpisah sama sekali dengan panitia. “Nama-nama juri dirahasiakan, juri satu sama lain tidak saling mengenal,” papar Richard Oh.

Ia menambahkan, juru-juri dikoordinasi tahun ini oleh Donny Gahlal dan pengesahan tabulasi tiap tahun oleh perusahaan akuntansi internasional Ernst & Young. Khatulistiwa Literary Award merupakan kegiatan nirlaba yang digagas Ricard Oh dari QB World Books dan Khatulistiwa Foundation, didukung sejumlah sponsor. Kegiatan ini diselenggarakan untuk mendukung kemajuan sastra Indonesia dalam bentuk pemberian penghargaan kepada penulis yang karyanya terpilih sebagai karya terbaik. (NAL)

Iklan

Entry filed under: KLIPING.

Perspektif Jender dalam Sastra Islam Buku Terbaik Versi KLA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


http://novelweton.co.cc

INI BUKU SAYA, BACA YA…

Image and video hosting by TinyPic NOVEL TERBARU

Novel Nawang bercerita tentang perjuangan hidup seorang perempuan. Tokoh novel ini lahir dalam keluarga yang penuh gejolak. Ia ingin mendobrak sejumlah kebiasan di kampungnya yang dianggap membuat perempuan tidak maju dan hanya puas menjadi ibu rumah tangga. Novel seharga Rp 35 ribu ini bisa didapatkan di toko-toko buku, seperti Gramedia, Gunung Agung, toko-toko buku online atau langsung ke Penerbit dan Toko Buku Republika penerbit di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.

NOVEL SEBELUMNYA

Novel Perempuan Mencari Tuhan karya Dianing Widya Yudhistira ini bercerita tentang reinkarnasi dan keresahan seorang perempuan dalam mencari Tuhan. Novel ini dapat diperoleh di toko buku terdekat, toko buku online, atau langsung ke penerbit dan toko buku Republika di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.



Novel Sintren masuk lima besar Khatulistiwa Award 2007. Novel karya Dianing Widya Yudhistira bercerita tentang seni tradisi Sintren yang makin hilang. Novel ini sekaligus menyuguhkan drama yang menyentuh: perjuangan seorang perempuan, pentingnya pendidikan dan potret kemiskinan yang kental di depan mata. Selain di toko buku dan toko buku online, juga dapat diperoleh di Penerbit Grasindo.

ARSIP

KALENDER

Januari 2008
S S R K J S M
« Des   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

TELAH DIBACA

  • 104,302 kali

Kategori

TWITTER: @dianingwy


%d blogger menyukai ini: