Toko Mas Karmonah

November 18, 2009 at 3:44 am 1 komentar

NOVEL Nawang sangat kental dengan kota Batang. Kota kecil yang jarang sekali orang tahu letaknya ada di mana. Kalau saya ditanya dari mana asal saya, orang baru paham bila saya menyertakan kata Pekalongan, malah ada yang sering salah dengar dengan kota Batam.” Masak orang Batam, dialeknya Jawa.” Begitu sanggah orang kepada saya. “Lha wong dari Batang gitu, bukan Batam ya jelas medok Jawa,” ujar saya menjelaskan.
Salah satu yang menarik dan menjadi penolong orang sekitar Batang adalah toko mas Karmonah. Toko ini berada di tepi jalan raya Jenderal Sudirman atau Pantura. Nama tokonya sebenarnya toko mas macan, tetapi nama pemilik toko Hajjah Karmonah lebih populer bagi masyarakat Batang.
Para pedagang, termasuk ibu lebih suka menggadaikan perhiasan ke sini, ketimbang ke pegadaian. Toko mas ini mau memberi harga gadai yang mahal dan lebih ringan dalam memberi syarat. Jika ada yang belum bisa menebus perhiasan dalam waktu yang ditentukan, pihak toko hanya meminta sedikit tambahan biaya. Perhiasan tidak sampai dijual atau dilebur, kecuali atas persetujuan pemiliknya juga karena hal-hal lain.
Inilah salah satu dari sekian proses kreatif saya dalam menulis novel Nawang.
DWY

Entry filed under: Dibalik novel NAWANG.

Jangan sakiti Anak-anak Kita Lanjutan Novel Nawang

1 Komentar Add your own

  • 1. jual gorden rumah sakit  |  September 11, 2020 pukul 4:37 am

    Hi there I am so thrilled I found your web site, I really found you by
    error, while I was searching on Yahoo for something else, Nonetheless I am here now and would just
    like to say thanks for a incredible post and a all round enjoyable blog (I also love the theme/design),
    I don’t have time to browse it all at the moment but I have bookmarked it and also included
    your RSS feeds, so when I have time I will be back to read
    much more, Please do keep up the awesome job.

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


http://novelweton.co.cc

INI BUKU SAYA, BACA YA…

Image and video hosting by TinyPic NOVEL TERBARU

Novel Nawang bercerita tentang perjuangan hidup seorang perempuan. Tokoh novel ini lahir dalam keluarga yang penuh gejolak. Ia ingin mendobrak sejumlah kebiasan di kampungnya yang dianggap membuat perempuan tidak maju dan hanya puas menjadi ibu rumah tangga. Novel seharga Rp 35 ribu ini bisa didapatkan di toko-toko buku, seperti Gramedia, Gunung Agung, toko-toko buku online atau langsung ke Penerbit dan Toko Buku Republika penerbit di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.

NOVEL SEBELUMNYA

Novel Perempuan Mencari Tuhan karya Dianing Widya Yudhistira ini bercerita tentang reinkarnasi dan keresahan seorang perempuan dalam mencari Tuhan. Novel ini dapat diperoleh di toko buku terdekat, toko buku online, atau langsung ke penerbit dan toko buku Republika di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.



Novel Sintren masuk lima besar Khatulistiwa Award 2007. Novel karya Dianing Widya Yudhistira bercerita tentang seni tradisi Sintren yang makin hilang. Novel ini sekaligus menyuguhkan drama yang menyentuh: perjuangan seorang perempuan, pentingnya pendidikan dan potret kemiskinan yang kental di depan mata. Selain di toko buku dan toko buku online, juga dapat diperoleh di Penerbit Grasindo.

ARSIP

KALENDER

November 2009
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

TELAH DIBACA

  • 130.642 kali

Kategori