Rindu Ruh Puasa

Agustus 22, 2013 at 2:24 pm 1 komentar

MENJELANG sore mba In mengetuk pintu. Aku memang punya janji sama dia untuk keluar. Sekedar menikmati kemacetan Sabtu di kawasan Pamulang – Serpong. Tinggal di kawasan Pamulang  aku tanpa sengaja mengikuti  pertumbuhan Pamulang yang pesat. Lahan kosong di sebelah danau, berdiri megah pusat belanja. Di belakang kompleks aku tinggal, berdiri banyak perumahan dengan berbagai nama.

Mobil merayap. Di sisi kiri kanan jalan tumbuh penjual dadakan. Beraneka ragam makanan kecil berjejer di bulan ramadhan. Mobil, motor pejalan kaki berjubel demi mendapatkan makan untuk berbuka puasa. Aku melonjak, ada yang jual serabi. Makanan kampung halaman yang lama tak aku jumpai. Aku ingin mbak In menghentikan mobil sejenak.

“Puasa itu kok semakin bergeser maknanya,” ujar mbak In sambil menyetir. Aku mendadak mengurungkan niat, minta berhenti sejenak.

“Coba Jeng lihat,” lewat jendela mobil jalanan memang riuh rendah.

“Berpuasa sesungguhnya mengajarkan kita, untuk merasakan penderitaan orang miskin. Kaum dhuafa yang kelaparan.” Aku menelan ludah. Memang sih puasa itu memberi kita kesempatan memposisikan diri menjadi orang miskin yang untuk makan saja susah, apalagi menyekolahkan anak-anak.

Sejenak saya diam, tetapi pikiran tertuju pada liputan ramadhan di televisi. Bukan mengajak pemirsa untuk bersikap lebih peduli kepada kaum dhuafa, melainkan menyajikan liputan makanan yang mengundang selera untuk berbuka.

Berbuka puasa di restaurant yang setiap menunya mahal pun menjadi gaya hidup. Jika berbuka di restaurant mahal, bisa meningkatkan gengsi. Akhirnya kian tahun bertambah, puasa semakin kehilangan ruhnya. Orang lebih suka menyiapkan menu berbuka yang lebih mewah ketimbang hari biasa, daripada memikirkan nasib para fakir miskin.

Entry filed under: ARTIKEL RINGAN. Tags: .

Mengurai Ketegangan Antar Agama Atut dan Fashion

1 Komentar Add your own

  • 1. winny widyawati  |  Agustus 22, 2013 pukul 4:41 pm

    aku juga kangen suasana ramadhan jaman dulu mbak. Lebih syahdu, lebih buat kita semangat mendekat kpd Tuhan. Sekarang tiap sahur, di TV acaranya gebyar semua, full lawakan atau sinetron.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


http://novelweton.co.cc

INI BUKU SAYA, BACA YA…

Image and video hosting by TinyPic NOVEL TERBARU

Novel Nawang bercerita tentang perjuangan hidup seorang perempuan. Tokoh novel ini lahir dalam keluarga yang penuh gejolak. Ia ingin mendobrak sejumlah kebiasan di kampungnya yang dianggap membuat perempuan tidak maju dan hanya puas menjadi ibu rumah tangga. Novel seharga Rp 35 ribu ini bisa didapatkan di toko-toko buku, seperti Gramedia, Gunung Agung, toko-toko buku online atau langsung ke Penerbit dan Toko Buku Republika penerbit di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.

NOVEL SEBELUMNYA

Novel Perempuan Mencari Tuhan karya Dianing Widya Yudhistira ini bercerita tentang reinkarnasi dan keresahan seorang perempuan dalam mencari Tuhan. Novel ini dapat diperoleh di toko buku terdekat, toko buku online, atau langsung ke penerbit dan toko buku Republika di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.



Novel Sintren masuk lima besar Khatulistiwa Award 2007. Novel karya Dianing Widya Yudhistira bercerita tentang seni tradisi Sintren yang makin hilang. Novel ini sekaligus menyuguhkan drama yang menyentuh: perjuangan seorang perempuan, pentingnya pendidikan dan potret kemiskinan yang kental di depan mata. Selain di toko buku dan toko buku online, juga dapat diperoleh di Penerbit Grasindo.

ARSIP

KALENDER

Agustus 2013
S S R K J S M
« Jun   Des »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

TELAH DIBACA

  • 101,550 kali

Kategori

TWITTER: @dianingwy

  • RT @Gratciaschannel: Yesus itu org yahudi sisbro:))) musti benci yahudi krn menyalibkan yesus? Dia aja bilang maafkan mrk krn mrk tdk tahu… 14 hours ago
  • RT @arman_dhani: Buat yang melarang ibadah umat kristen di Sabuga. "Dia yang bukan saudaramu dalam iman adalah saudaramu dalam kemanusiaan"… 1 day ago
  • RT @spirit_kita: 5 Des.2016 Spirit Kita dapat donasi Rp 25.000 dari sahabat @spirit_kita langsung ke @dianingwy . Terimakasih sahabat 2 days ago
  • Ganti chanel aja deh, nonton serial India. Lebih seru ketimbang sidang pergantian ketua akom ke papa minta jabatan. 1 week ago
  • Harapan @spirit_kita bisa melihat anak miskin, kelak mendapatkan/menciptakan kehidupan layak, hingga mengurangi sedikit angka kemiskinan. 1 week ago

%d blogger menyukai ini: