Hati, Jiwa dan Rasa.

Agustus 13, 2010 at 1:31 am Tinggalkan komentar

SINTREN merupakan novel yang penuh kejutan buat saya. Novel perdana itu termasuk novel yang paling mudah menggarapnya. Saya menuliskannya dengan sangat mengalir. Seolah jari-jari tangan dengan otak saya berhubungan sangat kuat. Saya menuliskannya seperti tanpa memikirkannya. Hati, jiwa dan rasa saya yang dominan bekerja. Mungkin karena Sintren sudah lama mengendap jauh sebelum saya serius menekuni dunia kepenulisan.

Saya beruntung, dalam proses terbitnya bertemu dengan editor yang cerdas serta jujur. Dia tak segan mengkritik, mengkoreksi. Saya yakin editor novel Sintren sangat paham dengan budaya tradisi, kehidupan sosial wong Jawa, juga paham dengan geografi Jawa.

Sintren sendiri praktis menghilang sejak tahun 1984. Dulu ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar, setiap awal Agustus kampung sudah diramaikan oleh pertunjukkan sintren. Pertunjukkan Sintren sendiri diadakan dalam rangka menyambut hari kemerdekaan. Di selenggarakan dengan keliling kampung. Ah, itu masa kanak-kanak saya yang tak pernah hilang dalam ingatan. Tak lama Sintren terbit, saya ingat betul bertahun-tahun karnaval (lebaran ke dua) di Batang, tak pernah menampilkan Sintren, tetapi tahun 2008 Sintren dipentaskan sepanjang jalan Yos Sudarso. Jalan yang melewati rumah saya di Batang.

Tanpa saya duga di kemudian hari, novel ini banyak digunakan oleh teman-teman mahasiswa sebagai bahan penulisan skripsi, untuk memenuhi tugas akhir kuliah. Tak jarang dosen bahasa mengirim ke inbox saya, mengabarkan telah menjadikan novel Sintren sebagai kajian diskusi di kampus.

Setelah novel ini dinyatakan masuk lima besar Khatulistiwa Literary Award 2007 tak jarang teman-teman penulis memanggil saya dengan “Hallo Saraswati, Hay Sintren, Sintren,” saat bertemu dalam sebuah acara, atau ketika ngobrol via telepon. Saya dengan refleks juga menoleh dan tersenyum, berjabat tangan, membalas sapaan mereka.

Novel Sintren sendiri terbit Juni 2007, tetapi sampai semalam masih terus ada yang menghubungi saya, bertanya tentang sintren, ada yang ingin membedahnya di sebuah acara. Terimakasih saya ucapkan sebesar-besarnya kepada pembaca Sintren, apresiasi teman-teman semua sangat berarti buat saya.

Entry filed under: Dibalik novel SINTREN. Tags: .

Fira, Sekolah dan Menulis Mimpi-mimpi Nawang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


http://novelweton.co.cc

INI BUKU SAYA, BACA YA…

Image and video hosting by TinyPic NOVEL TERBARU

Novel Nawang bercerita tentang perjuangan hidup seorang perempuan. Tokoh novel ini lahir dalam keluarga yang penuh gejolak. Ia ingin mendobrak sejumlah kebiasan di kampungnya yang dianggap membuat perempuan tidak maju dan hanya puas menjadi ibu rumah tangga. Novel seharga Rp 35 ribu ini bisa didapatkan di toko-toko buku, seperti Gramedia, Gunung Agung, toko-toko buku online atau langsung ke Penerbit dan Toko Buku Republika penerbit di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.

NOVEL SEBELUMNYA

Novel Perempuan Mencari Tuhan karya Dianing Widya Yudhistira ini bercerita tentang reinkarnasi dan keresahan seorang perempuan dalam mencari Tuhan. Novel ini dapat diperoleh di toko buku terdekat, toko buku online, atau langsung ke penerbit dan toko buku Republika di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.



Novel Sintren masuk lima besar Khatulistiwa Award 2007. Novel karya Dianing Widya Yudhistira bercerita tentang seni tradisi Sintren yang makin hilang. Novel ini sekaligus menyuguhkan drama yang menyentuh: perjuangan seorang perempuan, pentingnya pendidikan dan potret kemiskinan yang kental di depan mata. Selain di toko buku dan toko buku online, juga dapat diperoleh di Penerbit Grasindo.

ARSIP

KALENDER

Agustus 2010
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

TELAH DIBACA

  • 101,574 kali

Kategori

TWITTER: @dianingwy

  • RT @Gratciaschannel: Yesus itu org yahudi sisbro:))) musti benci yahudi krn menyalibkan yesus? Dia aja bilang maafkan mrk krn mrk tdk tahu… 2 days ago
  • RT @arman_dhani: Buat yang melarang ibadah umat kristen di Sabuga. "Dia yang bukan saudaramu dalam iman adalah saudaramu dalam kemanusiaan"… 3 days ago
  • RT @spirit_kita: 5 Des.2016 Spirit Kita dapat donasi Rp 25.000 dari sahabat @spirit_kita langsung ke @dianingwy . Terimakasih sahabat 4 days ago
  • Ganti chanel aja deh, nonton serial India. Lebih seru ketimbang sidang pergantian ketua akom ke papa minta jabatan. 1 week ago
  • Harapan @spirit_kita bisa melihat anak miskin, kelak mendapatkan/menciptakan kehidupan layak, hingga mengurangi sedikit angka kemiskinan. 1 week ago

%d blogger menyukai ini: