Mendengar

Februari 1, 2010 at 12:30 pm 2 komentar

MENDENGARKAN pembicaraan orang lain merupakan perbuatan yang kurang menyenangkan bagi orang lain, tetapi ada kalanya kegiatan nguping atau sembunyi-sembunyi mendengarkan pembicaraan orang sering dilakukan oleh Mukti. Tokoh utama dalam novel WETON yang suka sekali nguping pembicaraan orangtuanya. Nguping yang ia lakukan masih nguping yang sehat, dalam arti ingin tahu masalah apa tengah mendera orangtua dan keluarganya.
Masa kecil dulu saya suka sekali nguping pembicaraan orangtua, biasanya mak sama bapak ngomongnya lirih dan seringnya di warung. Karena nguping yang saya lakukan itu saya jadi tahu kondisi orangtua saya. Saya pernah menyesal karena meminta ke bapak untuk dibelikan sepeda mini. Alasan saya agar ke sekolah SD Kasepuhan II, sekolah dasar yang lokasinya saya jadikan setting novel NAWANG ini memang jauh. Saya tinggal di Kabundelan, tapi sekolah di Kasepuhan.
Setelah nguping itu esok harinya saya bilang ke bapak nggak usah dibelikan sepeda dulu. Bisa kok ke sekolah jalan kaki. Waktu itu kedua orangtua saya belum punya cukup uang untuk membeli sepeda baru. Kebiasaan nguping saya ini saya torehkan dalam sosok Mukti dalam novel Weton. Weton yang menurut pembacanya mampu membuatnya kangen dengan tanah kelahiran.
DWY

Entry filed under: Dibalik Novel WETON. Tags: .

Keunikkan Diantara Kita Weton dan Jodoh

2 Komentar Add your own

  • 1. Achmad  |  Februari 1, 2010 pukul 12:56 pm

    Memang perbuatan itu tergantung niatnya. Kalau niatnya baik dan diikuti perbauatan yang baik, insya Allah hasilnya pun kebaikan.

    Salam, Achmad Fauzi di Surabaya

    Balas
    • 2. dianing  |  Februari 5, 2010 pukul 3:37 am

      Iya mas Achmad, terimakasih…

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


http://novelweton.co.cc

INI BUKU SAYA, BACA YA…

Image and video hosting by TinyPic NOVEL TERBARU

Novel Nawang bercerita tentang perjuangan hidup seorang perempuan. Tokoh novel ini lahir dalam keluarga yang penuh gejolak. Ia ingin mendobrak sejumlah kebiasan di kampungnya yang dianggap membuat perempuan tidak maju dan hanya puas menjadi ibu rumah tangga. Novel seharga Rp 35 ribu ini bisa didapatkan di toko-toko buku, seperti Gramedia, Gunung Agung, toko-toko buku online atau langsung ke Penerbit dan Toko Buku Republika penerbit di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.

NOVEL SEBELUMNYA

Novel Perempuan Mencari Tuhan karya Dianing Widya Yudhistira ini bercerita tentang reinkarnasi dan keresahan seorang perempuan dalam mencari Tuhan. Novel ini dapat diperoleh di toko buku terdekat, toko buku online, atau langsung ke penerbit dan toko buku Republika di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.



Novel Sintren masuk lima besar Khatulistiwa Award 2007. Novel karya Dianing Widya Yudhistira bercerita tentang seni tradisi Sintren yang makin hilang. Novel ini sekaligus menyuguhkan drama yang menyentuh: perjuangan seorang perempuan, pentingnya pendidikan dan potret kemiskinan yang kental di depan mata. Selain di toko buku dan toko buku online, juga dapat diperoleh di Penerbit Grasindo.

ARSIP

KALENDER

Februari 2010
S S R K J S M
« Jan   Mar »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728

TELAH DIBACA

  • 102,396 kali

Kategori

TWITTER: @dianingwy


%d blogger menyukai ini: