Grasindo, Weton, Jawa dan Non Jawa.

Oktober 20, 2009 at 5:04 am 1 komentar

novel-wetonSEJAK awal novel yang saya garap berdasarkan pengalaman saya semasa kecil, peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekeliling saya yang berhubungan dengan weton, ini sudah saya rancang untuk dikirim ke Grasindo. Prosesnya pun terbilang cepat. Oktober 2009 terbit, tak lama setelah novel saya Nawang terbit empat bulan lalu.
Semula pihak Grasindo meminta saya untuk menambah judul weton, hingga akhirnya menjadi Weton, Bukan Salah Hari. Ini untuk memudahkan orang selain Jawa mengerti maksud dari judul Weton.
Betul saja, setelah novel ini saya publikasikan lewat facebook, ada salah satu teman dari Makasar menanyakan weton itu apa. Saya jawab, weton adalah hari dan pasangan saat seseorang dilahirkan. Misal, seseorang dilahirkan di hari Sabtu. Nah pada saat itu, orangtua akan melihat pasangan atau pasaran hari Sabtu pada tanggal itu juga. Misal kliwon, wage, legi, pon dan pahing. Di kalender yang beredar di Jawa, biasanya terdapat nama pasaran di bawah tanggal. Kalau pasarannya kliwon, berarti orang itu wetonnya Sabtu kliwon.
Di sebagian masyarakat Jawa, kehidupan seseorang sering dihubung-hubungkan dengan weton. Dalam berumahtangga, misalnya.
DWY

Entry filed under: Dibalik Novel WETON. Tags: .

Dibalik Judul Nawang Saat Anak Kita Jauh

1 Komentar Add your own

  • 1. Toko Buku Online  |  Desember 26, 2013 pukul 11:17 pm

    Valuable info. Lucky me I found your web site by
    chance, and I’m surprised why this accident did not took
    place earlier! I bookmarked it.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


http://novelweton.co.cc

INI BUKU SAYA, BACA YA…

Image and video hosting by TinyPic NOVEL TERBARU

Novel Nawang bercerita tentang perjuangan hidup seorang perempuan. Tokoh novel ini lahir dalam keluarga yang penuh gejolak. Ia ingin mendobrak sejumlah kebiasan di kampungnya yang dianggap membuat perempuan tidak maju dan hanya puas menjadi ibu rumah tangga. Novel seharga Rp 35 ribu ini bisa didapatkan di toko-toko buku, seperti Gramedia, Gunung Agung, toko-toko buku online atau langsung ke Penerbit dan Toko Buku Republika penerbit di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.

NOVEL SEBELUMNYA

Novel Perempuan Mencari Tuhan karya Dianing Widya Yudhistira ini bercerita tentang reinkarnasi dan keresahan seorang perempuan dalam mencari Tuhan. Novel ini dapat diperoleh di toko buku terdekat, toko buku online, atau langsung ke penerbit dan toko buku Republika di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.



Novel Sintren masuk lima besar Khatulistiwa Award 2007. Novel karya Dianing Widya Yudhistira bercerita tentang seni tradisi Sintren yang makin hilang. Novel ini sekaligus menyuguhkan drama yang menyentuh: perjuangan seorang perempuan, pentingnya pendidikan dan potret kemiskinan yang kental di depan mata. Selain di toko buku dan toko buku online, juga dapat diperoleh di Penerbit Grasindo.

ARSIP

KALENDER

Oktober 2009
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

TELAH DIBACA

  • 102,396 kali

Kategori

TWITTER: @dianingwy


%d blogger menyukai ini: