Liburan

Desember 23, 2008 at 1:44 pm Tinggalkan komentar

Minggu-minggu ini saya santai,karena anak-anak mulai memasuki masa liburan. Liburan kali ini pun terasa panjang. Lebih duabelas hari. Terhiatung mulai tanggal 25 Desember, oia selamat hari natal buat umat kristiani sampai tanggal 3 Januari mendatang. Aku bisa bangun sedikit siang dan tak perlu terburu-buru waktu menyiapkan makan pagi.
Seperti pagi tadi, saya cukup bikin nasi goreng sama ceplok telur.
Sekarang waktunya saya membaca surat kabar dan beberapa bacaan. Baru beberapa halaman terbaca, terdengar salam. Saya tahu siapa yang datang. Tetangga sekaligus sahabat yang akhlaknya mulia. Siapa lagi kalau bukan Mbak In. Seperti biasa pula Mbak In duduk di kursi yang biasa ia duduk.
“Liburan ke mana Jeng?” Saya tutup buku Mitologi dan Toleransi Orang Jawa, tulisan Benedict R.O.G Anderson. Tertuju pada tamu saya, Mbak In. Tak lama datang putri sulung saya, Fira Meutia. Sejuk rasanya hati saya, tanpa saya suruh dia membawakan dua gelas es suka-suka. Maksudnya, es yang saya buat dari sirup frambozen dicampur susu kental putih. Tentu dinikmati bersama es batu.
“Banyak rencana Mbak.”
“Wow banyak uang to.”
“Ups,” saya segera meralat.
“Banyak tempat yang kami ajukan bersama, tetapi hanya satu yang nantinya kami tuju. Saya sih pengennya ke masjid kubah mas atau Dian Al- Mahri. Tapi Fira maunya ke museum, beli buku sama ke Taman Makam Pahlawan di Kalibata, sedang Rizki maunya ke Taman Mini.”
“Edgin?”
Saya tertawa menanggapi pertanyaan Mbak In.
“Ya… dia ikut suara terbanyak. Mbak In sendiri ke mana nih liburan tahun ini, Mbak?”
Mbak In tak langsung menjawab, melainkan membuka majalah wanita edisi beberapa minggu lalu.
“Saya pengen nyepi Jeng, di rumah saja. Liburan tak harus menguras kantong kan?”
Saya menunduk, rasanya kok betul juga ya.
“Di rumah membaca buku, mencoba resep baru bareng anak, atau menata ulang taman di belakang juga asik,” ujar Mbak In panjang lebar tetapi matanya masih tertuju ke majalah wanita.
Saya mengesip es suka-suka.
“Mbak In, ayo diminum”
“Ya Jeng.”
Mbak In menaruh gelas ke meja, seusai ia minum es suka-suka buatan saya dibantu sama Fira.
“Jadi Mbak In tak kemana-mana.”
Mbak In mengangguk.
“Liburan ke tempat hiburan, malah nggak bisa menikmati Jeng. Tempat hiburan selalu ramai, penginapan penuh, yang ada repot. Belum lagi lagi kita suka belanja, aduh itu duit maunya lompat dari dompet tanpa kita sadari.”
Saya mengamini kata-kata Mbak In. Rencana liburan smesteran tahun ini yang dibarengi dengan liburan natal dan tahun baru, rasanya kok perlu dikaji ulang. Ditimbang-timbang lagi hendak ke mana tempat yang bermanfaat sekaligus bisa menghibur diri. Kayaknya kok ke toko buku aja ya…
DWY

Entry filed under: Catatan.

Ibu Jilbab Hati

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


http://novelweton.co.cc

INI BUKU SAYA, BACA YA…

Image and video hosting by TinyPic NOVEL TERBARU

Novel Nawang bercerita tentang perjuangan hidup seorang perempuan. Tokoh novel ini lahir dalam keluarga yang penuh gejolak. Ia ingin mendobrak sejumlah kebiasan di kampungnya yang dianggap membuat perempuan tidak maju dan hanya puas menjadi ibu rumah tangga. Novel seharga Rp 35 ribu ini bisa didapatkan di toko-toko buku, seperti Gramedia, Gunung Agung, toko-toko buku online atau langsung ke Penerbit dan Toko Buku Republika penerbit di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.

NOVEL SEBELUMNYA

Novel Perempuan Mencari Tuhan karya Dianing Widya Yudhistira ini bercerita tentang reinkarnasi dan keresahan seorang perempuan dalam mencari Tuhan. Novel ini dapat diperoleh di toko buku terdekat, toko buku online, atau langsung ke penerbit dan toko buku Republika di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.



Novel Sintren masuk lima besar Khatulistiwa Award 2007. Novel karya Dianing Widya Yudhistira bercerita tentang seni tradisi Sintren yang makin hilang. Novel ini sekaligus menyuguhkan drama yang menyentuh: perjuangan seorang perempuan, pentingnya pendidikan dan potret kemiskinan yang kental di depan mata. Selain di toko buku dan toko buku online, juga dapat diperoleh di Penerbit Grasindo.

ARSIP

KALENDER

Desember 2008
S S R K J S M
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

TELAH DIBACA

  • 103,212 kali

Kategori

TWITTER: @dianingwy


