Jakarta, Met Ulang Tahun

Juni 20, 2008 at 7:24 am 1 komentar

Waktu berlari begitu cepat, tahun ini Jakarta bertambah tua. 481 tahun. Kota yang hiruk pikuk dengan segala kesibukan penghuninya. Kota yang selalu “dikhianati” setiap lebaran tiba. Semua penghuninya meninggalkannya untuk pulang kampung, he he he. Seperti aku tentunya.
Jakarta belasan tahun silam adalah kota impian buat saya. Saya ingin mendatanginya demi cita-cita saya, jadi penulis. Sebab aku merasa mentok untuk tinggal di Batang ataupun Semarang waktu itu. Di kedua kota itu aku merasa tak punya greget, sebab persaingan untuk menulis ya di Jakarta ini.
Ada pengalaman lucu plus mengenaskan. Pertama kali aku tiba di kota ini, saat bus akan masuk ke terminal Pulo Gadung, perutku mendadak mules. Aku sakit perut.
“Itu tandanya kamu belum siap hidup di Jakarta,” celetuk seorang teman.
“Masak sih,” ujarku.
Dan memang saat itu Jakarta sangat berat untuk dijadikan tempat tinggal, karena aku hanya mengandalkan bakat dan semangatku untuk menulis. Ketika aku turun di Pulo Gadung untuk naik bus jurusan Pasar Minggu ada seorang ibu-ibu menghampiriku. Dengan tutur kata sopan dan menarik perhatianku, ia menawariku pekerjaan dengan gaji besar dan dijamin tak lelah.
Ketika itu yang ada di benakku keyakinan diri untuk tidak terpengaruh pada siapapun, apalagi orang yang belum kita kenal. Apalagi tujuanku ke kota yang akhirnya aku cintai ini adalah untuk menulis. Maka aku menjawab tawaran ibu-ibu itu dengan gelengan kepala. Tapi ibu itu tak berhenti begitu saja. Ia tetap semangat menawariku pekerjaan yang tidak ia sebutkan jenis pekerjaannya. Merasa terdesak, aku langsung aja naik salah satu bus yang sudah penuh. Ternyata isinya ibu-ibu pedagang sayur yang semuanya berbahasa Jawa. Ha ha ha ternyata di Jakarta terasa di kampung sendiri.
Dalam kesempatan ini aku pengen ngucapin met ulang tahun Jakarta. Semoga menjadi kota yang lebih manusiawi, bersih, terpelajar dan lebih berbudaya.
Dianing Widya Yudhistira, Depok Juni 2008

Iklan

Entry filed under: Catatan.

Hamid Kaha Remy Novaris dan Pesta Sastra

1 Komentar Add your own

  • 1. edhenk  |  Juni 20, 2008 pukul 12:41 pm

    salam kenal,

    bagus juga ya tulisannya!

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


http://novelweton.co.cc

INI BUKU SAYA, BACA YA…

Image and video hosting by TinyPic NOVEL TERBARU

Novel Nawang bercerita tentang perjuangan hidup seorang perempuan. Tokoh novel ini lahir dalam keluarga yang penuh gejolak. Ia ingin mendobrak sejumlah kebiasan di kampungnya yang dianggap membuat perempuan tidak maju dan hanya puas menjadi ibu rumah tangga. Novel seharga Rp 35 ribu ini bisa didapatkan di toko-toko buku, seperti Gramedia, Gunung Agung, toko-toko buku online atau langsung ke Penerbit dan Toko Buku Republika penerbit di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.

NOVEL SEBELUMNYA

Novel Perempuan Mencari Tuhan karya Dianing Widya Yudhistira ini bercerita tentang reinkarnasi dan keresahan seorang perempuan dalam mencari Tuhan. Novel ini dapat diperoleh di toko buku terdekat, toko buku online, atau langsung ke penerbit dan toko buku Republika di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.



Novel Sintren masuk lima besar Khatulistiwa Award 2007. Novel karya Dianing Widya Yudhistira bercerita tentang seni tradisi Sintren yang makin hilang. Novel ini sekaligus menyuguhkan drama yang menyentuh: perjuangan seorang perempuan, pentingnya pendidikan dan potret kemiskinan yang kental di depan mata. Selain di toko buku dan toko buku online, juga dapat diperoleh di Penerbit Grasindo.

ARSIP

KALENDER

Juni 2008
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

TELAH DIBACA

  • 105,258 kali

Kategori

TWITTER: @dianingwy


%d blogger menyukai ini: