Temu Sastra Indonesia di Jambi

Juni 7, 2008 at 4:22 pm 1 komentar

Dalam waktu dekat ini di Jambi akan dilangsungkan temu sastrawan se Indonesia. Menarik banget sih. Mengingat lama aku gak ketemu sama temen-temen. Pengen sih dateng tapi nggak tahu nih. Bisa dateng apa nggak. Aku sih sudah memastikan kepada panitia mau datang. Sampai ketemu di Jambi, ber ha ha hi hi sampai pagi. Kalau yang ingin tahu lebih lengkap acaranya, ini aku kutip dari Kompas.

 

 

Temu Sastrawan Se-Indonesia di Jambi

Jambi, Kompas – Temu Sastrawan Indonesia pertama akan digelar di Jambi, 7-11 Juli mendatang. Kegiatan yang bertema ”Keberagaman, Kedinamisan, dan Keharmonisasian Ekologi Sastra Indonesia” ini diselenggarakan oleh Dinas Budaya dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Jambi bersama kalangan sastrawan seluruh Indonesia.

”Ini menjadi wadah bersama yang melibatkan ekologi sastra,” tutur Jafar Rassuh, Kepala Subdin Seni Disbudpar Provinsi Jambi yang juga merupakan salah satu penggagas acara tersebut, Jumat (11/4) di Jambi.

Sejumlah kegiatan yang bakal digelar pada temu sastrawan nanti, antara lain, Kongres Sastrawan, workshop penulisan esai atau kritik sastra, wisata budaya, panggung apresiasi, serta pameran. Jumlah peserta diperkirakan 200 sastrawan, sekitar 50 orang dari Jambi dan selebihnya dari luar Jambi.

Dipilihnya Jambi sebagai tempat penyelenggaraan Temu Sastrawan Indonesia pertama ini, menurut dia, karena Jambi merupakan pusat kebudayaan Melayu kuno. Potensi besar ini, katanya, layak dilihat oleh kalangan sastrawan.

”Kami berharap nanti alam dan sejarah Jambi sendiri dapat menjadi gagasan bagi para sastrawan untuk menelurkan karya- karya baru,” ujarnya.

Visit Jambi

Menurut Jafar, kegiatan ini juga sekaligus untuk menyukseskan rencana Visit Jambi Year 2009. Selain temu sastrawan, Pemerintah Provinsi Jambi juga akan menyelenggarakan setidaknya 50 kegiatan lain yang menarik kunjungan wisatawan.

Melalui acara-acara seni dan budaya inilah, target kunjungan wisatawan untuk naik 15 persen, menjadi 750.000 orang, dapat tercapai.

Sejumlah kegiatan kepariwisataan yang akan berlangsung, antara lain, Festival Candi Muaro Jambi, Arung Jeram pada Mei 2008, Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci, serta Pekan Pesona Budaya Jambi pada akhir tahun ini.

Sejumlah kelompok usaha kepariwisataan akan turut melaksanakan sejumlah kegiatan lain. PHRI, misalnya, akan menyelenggarakan ”Parade Slank Lovers”, Jambi Adventure City, dan Patin untuk Nusantara.

Kegiatan lainnya dilanjutkan pada tahun 2009, berupa Festival Danau Sipin, Fun Tour, Rain Forest Off Road, Kejuaraan Terbuka Arung Jeram, dan Festival Batik Internasional.

Berdasarkan data dinas pariwisata, Jambi memiliki 269 obyek wisata, 46 biro perjalanan wisata, lima jasa konvensi, dan 117 sanggar seni yang tersebar di kabupaten/kota yang siap menyambut wisatawan. (ITA). [Sumber: Kompas, Sabtu, 12 April 2008]

Iklan

Entry filed under: Acara Budaya.

FPI dan Keraguan Pemerintah Ketegaran Perempuan dalam Akhirnya Senja

1 Komentar Add your own

  • 1. warni  |  Juli 1, 2008 pukul 8:44 am

    gak penting apa lagi ada sudaryono.angkuh

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


http://novelweton.co.cc

INI BUKU SAYA, BACA YA…

Image and video hosting by TinyPic NOVEL TERBARU

Novel Nawang bercerita tentang perjuangan hidup seorang perempuan. Tokoh novel ini lahir dalam keluarga yang penuh gejolak. Ia ingin mendobrak sejumlah kebiasan di kampungnya yang dianggap membuat perempuan tidak maju dan hanya puas menjadi ibu rumah tangga. Novel seharga Rp 35 ribu ini bisa didapatkan di toko-toko buku, seperti Gramedia, Gunung Agung, toko-toko buku online atau langsung ke Penerbit dan Toko Buku Republika penerbit di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.

NOVEL SEBELUMNYA

Novel Perempuan Mencari Tuhan karya Dianing Widya Yudhistira ini bercerita tentang reinkarnasi dan keresahan seorang perempuan dalam mencari Tuhan. Novel ini dapat diperoleh di toko buku terdekat, toko buku online, atau langsung ke penerbit dan toko buku Republika di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.



Novel Sintren masuk lima besar Khatulistiwa Award 2007. Novel karya Dianing Widya Yudhistira bercerita tentang seni tradisi Sintren yang makin hilang. Novel ini sekaligus menyuguhkan drama yang menyentuh: perjuangan seorang perempuan, pentingnya pendidikan dan potret kemiskinan yang kental di depan mata. Selain di toko buku dan toko buku online, juga dapat diperoleh di Penerbit Grasindo.

ARSIP

KALENDER

Juni 2008
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

TELAH DIBACA

  • 103,858 kali

Kategori

TWITTER: @dianingwy


%d blogger menyukai ini: