Sintren Singgah di RRI

Mei 29, 2008 at 5:14 pm Tinggalkan komentar

Tanpa saya duga, saya ditanya lagi soal novel saya Sintren. Ditengah-tengah pemadaman lampu secara bergilir, yang hari ini (Kamis, 29/5), adalah giliran tempat tinggal saya, RRI meminta saya untuk siaran langsung. Ada haru, juga tak percaya. Ternyata apresiasi masyarakat terhadap novel saya cukup tinggi. Saya sendiri hampir melupakan Sintren. Karena ada beberapa novel yang menumpuk, ada yang sedang dalam proses terbit, ada juga yang sedang saya selesaikan.

Sekitar pukul 23.15, wawancara RRI dengan saya lewat telepon pun dimulai. Itu diawali dengan pengenalan tentang novel ini oleh Mbak Wini Aulia (sory Mbak, jika namanya salah tulis). Dalam acara yang berlangsung sekitar satu jam itu, berbagai pertanyaan muncul. Ada yang menanyakan seluk beluk sintren, mengapa menulis novel itu, hingga tentang perbedaan sintren di Batang (yang saya tulis) dengan sintren di Indramayu.

Para penanya datang baik lewat SMS maupun telepon. Kebanyakan dari mereka dari Sumatera, seperti Riau, Pekan Baru, Jambi. Ada dari Tegal dan Bali. Terimakasih banyak atas apresiasinya. Tentu saya tak bisa menyebut nama-nama sampeyan di sini. Saya makin yakin novel-novel yang mengangkat khasanah atau kearifan lokal tetap banyak peminatnya, meskipun di sekeliling mereka banyak bertaburan novel-novel asing dan novel-novel yang mengangkat persoalan urban.

Dari sekian sms yang masuk ada dua penanya yang menanyakan apakah novel saya ini sudah ada yang menawarkan untuk dibuat film atau sinetron. Dalam wawancara itu saya jawab sejauh ini belum ada yang meminta novel Sintren itu untuk difilmkan atau dibuat sinetron. Ya mudah-mudahan siaran langsung RRI itu didengar produser/sutradara film atau sinetron lalu tertarik untuk memfilmkan novel ini. Ayo, ada yang tertarik memfilmkan Sintren?

Buat pembaca yang mungkin ingin tahu sejarah dan hal-hal lain mengenai sintren bisa mampir ke blog Novel Sintren. Silakan juga membaca resensinya yang ditulis Damhuri Muhammad di Kompas dan resensi lainnya yang ditulis oleh pengamat lain pula.

Jika mau membeli, selain bisa didapat lewat toko buku Gramedia dan toko-toko buku lainnya, juga bisa lewat toko-toko buku online. Tinggal ketik saja kata kunci “novel sintren” di Google, banyak toko buku online akan muncul. DWY.

Iklan

Entry filed under: Catatan.

Indonesia masihkah Ada? Hendak kemana Cahaya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


http://novelweton.co.cc

INI BUKU SAYA, BACA YA…

Image and video hosting by TinyPic NOVEL TERBARU

Novel Nawang bercerita tentang perjuangan hidup seorang perempuan. Tokoh novel ini lahir dalam keluarga yang penuh gejolak. Ia ingin mendobrak sejumlah kebiasan di kampungnya yang dianggap membuat perempuan tidak maju dan hanya puas menjadi ibu rumah tangga. Novel seharga Rp 35 ribu ini bisa didapatkan di toko-toko buku, seperti Gramedia, Gunung Agung, toko-toko buku online atau langsung ke Penerbit dan Toko Buku Republika penerbit di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.

NOVEL SEBELUMNYA

Novel Perempuan Mencari Tuhan karya Dianing Widya Yudhistira ini bercerita tentang reinkarnasi dan keresahan seorang perempuan dalam mencari Tuhan. Novel ini dapat diperoleh di toko buku terdekat, toko buku online, atau langsung ke penerbit dan toko buku Republika di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.



Novel Sintren masuk lima besar Khatulistiwa Award 2007. Novel karya Dianing Widya Yudhistira bercerita tentang seni tradisi Sintren yang makin hilang. Novel ini sekaligus menyuguhkan drama yang menyentuh: perjuangan seorang perempuan, pentingnya pendidikan dan potret kemiskinan yang kental di depan mata. Selain di toko buku dan toko buku online, juga dapat diperoleh di Penerbit Grasindo.

ARSIP

KALENDER

Mei 2008
S S R K J S M
« Mar   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

TELAH DIBACA

  • 104,308 kali

Kategori

TWITTER: @dianingwy


%d blogger menyukai ini: