Perempuan Mencari Tuhan: Novel Sastra yang Berkisah Tentang Reinkarnasi

Mei 24, 2008 at 5:55 am 16 komentar

Oleh Fahmi Alathas

Sumber: Suara Karya, Sabtu, 24 Mei 2008

Setelah beberapa waktu lalu menerbitkan novel teranyar berjudul “Sintren”. Penulis yang satu ini (Dianing Widya Yudhistira), kembali membukukan novel terbarunya yang berjudul “Perempuan Mencari Tuhan”. Novel yang pernah dimuat secara bersambung di Harian Umum Republika dalam rentang waktu (2006-2007), sebelum dipublikasikan dalam bentuk buku oleh penerbit media tersebut.

Dalam novel tersebut, dikisahkan tentang seorang bayi bernama Ganet. Adalah anak Zahra, adik Clara yang lain, yang diyakini Laksma sebagai reinkarnasi Clara, adiknya yang meninggal pada usia 13 tahun karena “leukemia”. Laksma pun menuliskan nama “Clara” didada mendiang. Tulisan nama itulah secara ajaib tertera didada bayi Ganet. Ganet yang memiliki keajaiban bisa bicara diusia 4 tahun. Dan memiliki kelebihan mampu membaca peristiwa atau musibah apa yang akan terjadi di masa depan.

Pada puncaknya adalah ketika Ganet membaca tanda-tanda akan datang musibah besar menimpa ibukota, tidak ada satupun pemimpin di Jakarta mempercayainya. Musibah itu benar-benar terjadi. Ganet pun terpuruk.

Apabila dilihat dari rangkaian peristiwa maupun struktur penceriteraan menggambarkan sebuah realitas keluarga kedalam mitos reinkarnasi. Pertama, rangkaian peristiwa maupun struktur penceriteraan dalam novel tersebut, memberikan gambaran unsur rasional dan irrasional yang mudah dicerna oleh pembaca selaku penikmat karya sastra. Kedua, unsur irrasional yang digambarkan menjadi pemicu pembaca memahami beragam rangkaian peristiwa. Ketiga, unsur rasional menjadi kunci utama penyebab dengan dilatar belakangi beragam sudut pandang dari rangkaian peristiwa yang digambarkan.

Keempat, menjadi kunci pertama kemampuan serta kepiawaian pengarangnya mampu memainkan para tokoh-tokohnya dan meramu dengan metafor-metafor cantik yang luar biasa. Kelima, kekuatan cerita yang digambarkan menimbulkan dua ruang dimensi antara dimensi yang diterima akal sehat dan dimensi yang diluar akal sehat.

Jika ditinjau dari kemampuan dan kepiawaian pengarangnya meramu rangkaian peristiwa yang disuguhkan mengalir dengan penuh trik dan intrik. Dialog antar tokoh-tokohnya pun menguak rahasia hubungan antara dunia irrasional dan rasional.

Akibatnya, pembaca dibuat bingung terlebih dahulu dalam mencari tingkat kebenaran keobjektifan dari jalan cerita yang irrasional. Sebenarnya, disini letak kemudahan pembaca mencerap makna dari jalan cerita yang disuguhkan. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa, dalam memasukan unsur irrasional dan rasional melalui proses kemampuan dan kepiawaian pengarang dalam meletakkan dunia imaji kepada keobjektifan dunia rasional, bukan dilatar belakangi keobjektifan tingkat kebenaran yang dihadirkan. Akan tetapi melalui proses kemampuan dan kepiawaian pengarang mencerap jalan cerita yang ingin disuguhkan kepada pembaca agar lebih mudah mencerap makna yang disampaikan. Merupakan proses kematangan ide cerita yang diciptakan seorang pengarang.

Dapat dikatakan, bahwa dalam menghasilkan karya sastra yang baik, karya sastra didalamnya mampu meramu ide cerita kedalam unsur irrasional. Merupakan dunia fragmen kehidupan “riil” merasuk kedalam “abstrak”. Pembaca dengan sendirinya memasuki ke dua unsur tersebut. Membentuk unsur baru kearah lebih nyata. Karena, dunia irrasional dan rasional dalam novel tersebut, merupakan pemikiran kritis seorang pengarang, dengan membangun rangkaian fisik dan metafisik. Melalui rangkaian peristiwa yang dituangkan kedalam struktur penceriteraan.

Seorang tokoh terkemuka berkebangsaan Rusia bernama Jurich Lotman mengatakan bahwa bahasa adalah sistem tanda primer. Dimana karya sastra terlebih dahulu telah mempunyai makna sebelum disusun menjadi karya sastra sebagai sistem tanda sekunder.

Maka karya sastra adalah karya ide bukan hasil dari representasi kenyataan, sebagaimana yang diharapkan dari proses ide tersebut. Karya sastra yang tercipta baik dari proses subjektif penciptaan maupun dari subjektif pemahaman, sehingga kedua unsur tadi tidak secara utuh berhubungan dengan kenyataan yang terjadi ditengah masyarakat. Akan tetapi dari kebenaran nilai-nilai terkandung di dalam masyarakat. ***

Iklan

Entry filed under: KLIPING.

Bersama Kita Bisa makin Menderita Indonesia dalam Impian Saya

16 Komentar Add your own

  • 1. hidayah  |  November 13, 2010 pukul 6:31 am

    Saya senang membaca buku itu karena saya terharu membaca perjuangan ganet dalam mencari tuhan

    Balas
    • 2. dianing  |  November 18, 2010 pukul 12:46 pm

      Terimakasih mba Hidayah, novel itu sudah habis masa kontrak dengan penerbit, padahal masih banyak yang menanyakan. Insya Allah akan saya revisi ulang untuk diterbitkan kembali. Tentu dengan penerbit baru. Makasih. Salam.

      Balas
  • 3. shandy  |  Februari 11, 2011 pukul 6:45 am

    saya sangat senang dng karya karya yg anda buat
    saya mpun sangat senang jika membaca novel ini

    Balas
    • 4. dianing  |  Maret 3, 2011 pukul 12:16 pm

      Makasih mas Shandy.

      Balas
  • 5. giga rachman  |  April 1, 2011 pukul 3:52 pm

    kunjungan malam…numpang baca yaach,,,kebetulan sk baca novel sastra…sgt menarik novelx,,:)

    Balas
    • 6. dianing  |  April 12, 2011 pukul 3:04 pm

      Terimakasih mas Giga sudah berkunjung di sini. Salam.

      Balas
  • 7. hestu  |  Desember 30, 2011 pukul 11:55 am

    cerita dalam novel ini sangat menarikk sekali untuk dibaca..

    Balas
  • 8. tria  |  Agustus 12, 2012 pukul 11:53 pm

    baru melihat sampul novel ini….
    sy sudh sangat tertarik dan ingin langsung membeli.

    Balas
    • 9. dianing  |  Oktober 12, 2012 pukul 3:55 am

      Terimakasih mba Tria, untuk mendapatkan novel Perempuan Mencari Tuhan bisa menghubungi toko/penerbit Republika. Salam.

      Balas
      • 10. arifi cute  |  Maret 5, 2014 pukul 3:33 pm

        berkisar berapa harganya mb

      • 11. syarifudn  |  Juli 12, 2014 pukul 8:37 am

        Sepertinya sudah tidak ada di penerbit tsb,, bisa tolong saya utk dapatkan buku itu dgn hub saya di 08121018088

      • 12. dianing  |  Agustus 24, 2014 pukul 2:16 pm

        Terimakasih sudah berkunjung, novel Perempuan Mencari Tuhan memang sudah habis di penerbit dan belum dicetak ulang.

        Salam,

        Dianing Widya

  • 13. arifi cute  |  Maret 5, 2014 pukul 3:31 pm

    i like that

    Balas
  • 14. syarifudn  |  Juli 12, 2014 pukul 8:32 am

    Saya ingin sekali buku itu, tapi belum dapat, kalau ada yang baik hati, tolong sms ke saya dimana untuk dapatkan buku itu, atau yang sudah baca dan tdk terpakai lagi, bisa hub saya di 08121018088,
    terima kasih

    Balas
  • 15. Novel Berkisah Reinkarnasi | Scribere @ Jatinangor  |  November 30, 2016 pukul 1:46 am

    […] Alathas, Fahmi. Suara Karya. 24 Mei 2008. Web. 23 Oktober 2016. (https://dianing.wordpress.com/2008/05/24/perempuan-mencari-tuhan-novel-sastra-yang-berkisah-tentang-&#8230😉 […]

    Balas
  • 16. Anonim  |  Januari 18, 2017 pukul 6:00 am

    maasih adakah novel perempuan mencari tuhan?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


http://novelweton.co.cc

INI BUKU SAYA, BACA YA…

Image and video hosting by TinyPic NOVEL TERBARU

Novel Nawang bercerita tentang perjuangan hidup seorang perempuan. Tokoh novel ini lahir dalam keluarga yang penuh gejolak. Ia ingin mendobrak sejumlah kebiasan di kampungnya yang dianggap membuat perempuan tidak maju dan hanya puas menjadi ibu rumah tangga. Novel seharga Rp 35 ribu ini bisa didapatkan di toko-toko buku, seperti Gramedia, Gunung Agung, toko-toko buku online atau langsung ke Penerbit dan Toko Buku Republika penerbit di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.

NOVEL SEBELUMNYA

Novel Perempuan Mencari Tuhan karya Dianing Widya Yudhistira ini bercerita tentang reinkarnasi dan keresahan seorang perempuan dalam mencari Tuhan. Novel ini dapat diperoleh di toko buku terdekat, toko buku online, atau langsung ke penerbit dan toko buku Republika di Jalan Pejaten Raya No. 40 Jati Padang Jakarta Selatan Telp. 021-7892845 dan faks 021-7892842.



Novel Sintren masuk lima besar Khatulistiwa Award 2007. Novel karya Dianing Widya Yudhistira bercerita tentang seni tradisi Sintren yang makin hilang. Novel ini sekaligus menyuguhkan drama yang menyentuh: perjuangan seorang perempuan, pentingnya pendidikan dan potret kemiskinan yang kental di depan mata. Selain di toko buku dan toko buku online, juga dapat diperoleh di Penerbit Grasindo.

ARSIP

KALENDER

Mei 2008
S S R K J S M
« Mar   Jun »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

TELAH DIBACA

  • 105,232 kali

Kategori

TWITTER: @dianingwy


%d blogger menyukai ini: